Tajuk Informasi Reformasi Birokrasi Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru

KANAL REFORMASI BIROKRASI DISHUB

Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Banjarbaru

PEGTAN

PENGUATAN AKUNTABILITAS
 
Program ini bertujuan untuk meningkatakan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN pada masing-masing instansi Pemerintah. Target yang ingin dicapai melalui program ini adalah :
  1. Meningkatnya kepatuhan terhadap pengelolaan keungan negara oleh masing-masing pemerintah;
  2. Meningkatkan efektifitas pengelolaan keuangan negara pada masing-masing instansi pemerintahan;
  3. Meningkatakan status opini BPK terhadap pengelolaan keuangan negara pada masing-masing instansi pemerintah; dan
  4. Menurunnya tingkat penyalahgunaan wewenang pada masing-masing instansi pemerintah.
Atas dasar tersebut, maka untuk mengukur pencapaian program ini digunakan indikator-indikator:
  1. Gratifikasi
    Pengukuran indikator ini dilakukan dengan melihat kondisi apakah:
    1. Telah terdapat kebijakan penanganan gratifikasi;
    2. Telah dilakukan public campaign;
    3. Penanganan gratifikasi telah diimplementasikan;
    4. Telah dilakukan evaluasi atas kebijakan penanganan gratifikasi;
    5. Hasil evaluasi atas penanganan gratifikasi telah ditindaklanjuti; dan
    6. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara.
  2. Penerapan SPIP
    Pengukuran indikator ini dilakukan dengan melihat kondisi apakah :
    1. Telah terdapat peraturan pimpinan organisasi tentang SPIP;
    2. Telah dibangun lingkungan pengendalian;
    3. Telah dilakukan penilaian resiko atas organisasi;
    4. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir resiko yang telah diidentifikasi;
    5. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait;
    6. Telah dilakukan pementauan pengendalian intern; dan
    7. Level maturitas SPI.
  3. Pengaduan Masyarakat
    Pengukuran indikator ini dilakukan dengan melihat kondisi apakah :
    1. Telah disusun kebijakan pengaduan masyarakat;
    2. Penenganan pengaduan masyarakat telah diimplementasikan;
    3. Hasil penenganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti;
    4. Telah dilakukan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat;
    5. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti; dan
    6. Jumlah pengaduan masyarakat yang selesai ditindaklanjuti.
  4. Whistle-Blowing System
    Pengukuran indikator ini dilakukan dengan melihat kondisi apakah :
    1. Telah terdapat Whistle-Blowing System;
    2. Whistle-Blowing System telah disosialisasikan;
    3. Whistle-Blowing System diimplementasikan;
    4. Telah dilakukan evaluasi atas Whistle-Blowing System; dan
    5. Hasil Evaluasi Whistle-Blowing System telah ditindaklanjuti.
  5. Penangana benturan kepentingan
    Pengukuran indikator ini dilakukan dengan melihat kondisi apakah :
    1. Telah terdapat penenganan benturan kepentingan;
    2. Penanganan benturan kepentingan telah disosialisasikan;
    3. Penanganan Benturan kepentingan telah diimplementasikan;
    4. Telah dilakukan evaluasi atas penanganan benturan kepentingan; dan
    5. Hasil evaluasi atas penanganan benturan kepentingan telah ditindaklanjuti.
  6. Pembangunan Zona Integritas
    Pengukuran indikator ini dilakukan dengan melihat kondisi apakah :
    1. Telah dilakukan pencanangan zona integritas;
    2. Telah ditetapkan unit yang akan dikembangakan menjadi zona integritas;
    3. Telah dilakukan pembangunan zona integritas;
    4. Telah dilakukan evaluasi atas zona integritas yang telah ditentukan; dan
    5. Telah dilakukan evaluasi atas zona integritas yang telah ditentukan.
  7. Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)
    Pengukuran indikator ini dilakukan dengan melihat kondisi apakah :
    1. Rekomendasi APIP didukung dengan komitmen pimpinan;
    2. APIP didukung dengan SBM yang memadai secara kualitas dan kuantitas;
    3. Apip didukung dengan anggaran yang memadai;
    4. Apip berfokus pada clint dan audit berbasis resiko; dan
    5. Indeks Internal Audit Capability Model (IACM).
REALISASI PELAKSANAAN RB  
NO. Penilaian Penjelasan Keterangan View
1 Gratifikasi
a Telah dilakukan public campaign Penetapan aturan terkait Gratifikasi Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
b Penanganan gratifikasi telah diimplementasikan Ya, apabila UPG melaporkan secara berkala tentang praktek gratifikasi Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
c Telah dilakukan evaluasi atas kebijakan penanganan gratifikasi Ya, apabila terdapat evaluasi atas kebijakan penanganan gratifikasi Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
d Hasil evaluasi atas penanganan gratifikasi telah ditindaklanjuti Ya, apabila terdapat laporan tindak lanjut Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
2 Penerapan SPIP
a Telah mengidentifikasi lingkungan pengendalian Unit kerja telah mengidentifikasi seluruh lingkungan pengendalian Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
b Telah dilakukan penilaian risiko unit kerja Unit kerja telah menilai seluruh risiko Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
c Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi Seluruh risiko yang telah diidentifikasi telah diminimalisir melalui kegiatan pengendalian Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
d Sistem Pengendalian Internal (SPI) telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
e Telah dilakukan pemantauan pengendalian intern Sistem pengendalian intern dimonitoring dan evaluasi secara berkala Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
f Unit kerja telah melakukan evaluasi atas Penerapan SPI Monitoring dan evaluasi telah dilakukan secara berkala serta memberikan perbaikan dalam penerapan SPI Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
3 Pengaduan Masyarakat
a Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti Seluruh hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
b Telah dilakukan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat Penanganan pengaduan masyarakat dimonitoring dan evaluasi secara berkala Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
c Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti Ya, apabila terdapat laporan hasil evaluasi atas tindak lanjut penanganan pengaduan masyarakat Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
4 Whistle Blowing System
a Whistle Blowing System telah disosialisasikan Whistle blowing system disosialisasikan ke seluruh pegawai Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
5 Penanganan Benturan Kepentingan
a Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialiasikan ke seluruh pegawai Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
b Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan Ya, apabila Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
c Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan Penanganan Benturan Kepentingan dimonitoring dan evaluasi secara berkala Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
d Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti Seluruh Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
6 Pembangunan Zona Integritas
a Telah dilakukan pencanangan Pembangunan zona integritas level unit kerja Ya, apabila terdapat Dokumen penandatanganan pakta integritas Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
b Telah dilakukan pembangunan zona integritas Pembangunan zona integritas dilakukan secara intensif Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
c Telah dilakukan evaluasi atas pembangunan zona integritas Pembangunan zona integritas telah dimonitor dan evaluasi secara berkala Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB
Laporan Pelaksanaan RB